(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Topik : Menerapkan
cara menyusun gaya dalam struktur bangunan
Pertemuan ke : 15
Minggu ke-15
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menerapkan
cara menyusun gaya dalam struktur bangunan
4.1 Menalar cara menyusun gaya dalam struktur
bangunan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a) Siswa dapat
memahami dan menganalisis Gaya Momen
Lintang dan arah Gayanya
Afektif
a) Siswa mengikuti
pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan
toleransi sesama teman.
b) Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a) Siswa menggunakan
ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
a) Secara mandiri,
siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan menyimpulkan faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi suatu struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan
pembebanan dengan mengerjakan soal dengan benar
b) Siswa dapat
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan
kriteria desain dan pembebanan dengan mengerjakan soal benar
Afektif
a) Selama proses
belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik
dan menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a) Setelah mengikuti
pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan
menerapkannya selama proses pembelajaran.
E.
Materi
Pembelajaran
Gaya dapat didefisinikan
sebagai sesuatu yang menyebabkan benda (titik materi) bergerak baik dari diam
maupun dari gerak lambat menjadi lebih lambat maupun lebih cepat. Dalam teknik
bangunan gaya berasal dari bangunan itu sendiri berat benda di atasnya atau
yang menempelnya, tekanan angin, gempa, perubahan suhu dan pengaruh pengerjaan.
Gaya dapat digambarkan dalam bentuk garis
(atau kumpulan garis) yang memiliki dimensi besar, garis kerja, arah kerja dan
titik tangkap. Satuan gaya menurut Sistem Satuan Internasional (SI) adalah
Newton dan turunannya (kN). Akan tetapi ada yang memberi satuan kg gaya (kg).
Bila gravitasi bumi diambil 10 m/detik2 maka hubungan satuan tersebut adalah 1
kg gaya (atau sering ditulis 1 kg) ekuivalen dengan 10 Newton. Pada gambar 8
dijelaskan pengertian gaya tersebut.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
individu
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Uraian kegiatan
pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a.
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelola
kelas
-
Salam
pembuka
-
Membaca
do’a
-
Absensi
·
Membangkitkan motivasi siswa
·
Melakukan apersepsi dan
memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus
dimilki oleh seorang yang beragama.
b. Kegiatan Inti
·
Mengamati
- Siswa
mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajaran tentang Normal Gaya
Lintang Momen memahami gaya dan arahnya Gaya
·
Menanya
-
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.
·
Mengumpulkan
Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan
temannya dalam menganalisa Normal Gaya
Lintang Momen memahami gaya dan arahnya Gaya
- Guru berperan sebagai narasumber dan
fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·
Mengasosiasi
- Siswa
mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan
guru.
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-
Guru memberikan penguatan terhadap pendapat
siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-
Guru memberikan tugas resume
kepada siswa.
c. Kegiatan
Penutup
-
Evaluasi
§
Menanyakan materi yang belum di pahami kepada siswa
§
Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang
terkait dengan pelajaran berikutnya.
|
Tanya
jawab
Ceramah,
Tanya
Jawab,
Diskusi
Ceramah
|
15
menit
105
menit
15
menit
|
Tampilan
Power Point
Modul
mekanika teknik
|
H.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Tanya
Jawab Langsung
2. Tugas
3. Keaktifan
4. PHB
1 : Assesment Kognitif
5. PHB
2 : Assesment Afektif
I.
SUMBER
BELAJAR
- Modul
Mekanika Teknik
J. DAFTAR PUSTAKA
Ariestadi,
Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126
Diketahui/Disahkan Guru yang
Bersangkutan
Kepala Sekolah
(…………………...) (Febrieco
Seiger)
NIP :
NIM : 1101859/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar