Senin, 13 Juli 2015

RPP 15 MINGGU KE 15



(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester          : X / I
Mata Pelajaran            : Mekanika Teknik
   Topik                           : Menerapkan cara menyusun gaya dalam struktur bangunan
Pertemuan ke              : 15
                                      Minggu ke-15
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 3     :  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4     :  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar

3.1       Menerapkan cara menyusun gaya dalam struktur bangunan
4.1       Menalar cara menyusun gaya dalam struktur bangunan



C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a)      Siswa dapat memahami dan menganalisis  Gaya Momen Lintang  dan arah Gayanya
Afektif
a)      Siswa mengikuti pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan toleransi sesama teman.
b)      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a)      Siswa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.

D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a)      Secara mandiri, siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan menyimpulkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi suatu struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan dengan mengerjakan soal dengan benar
b)      Siswa dapat menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan dengan mengerjakan soal benar
Afektif
a)      Selama proses belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik dan  menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a)      Setelah mengikuti pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.


E.     Materi Pembelajaran

                Gaya dapat didefisinikan sebagai sesuatu yang menyebabkan benda (titik materi) bergerak baik dari diam maupun dari gerak lambat menjadi lebih lambat maupun lebih cepat. Dalam teknik bangunan gaya berasal dari bangunan itu sendiri berat benda di atasnya atau yang menempelnya, tekanan angin, gempa, perubahan suhu dan pengaruh pengerjaan.
                Gaya dapat digambarkan dalam bentuk garis (atau kumpulan garis) yang memiliki dimensi besar, garis kerja, arah kerja dan titik tangkap. Satuan gaya menurut Sistem Satuan Internasional (SI) adalah Newton dan turunannya (kN). Akan tetapi ada yang memberi satuan kg gaya (kg). Bila gravitasi bumi diambil 10 m/detik2 maka hubungan satuan tersebut adalah 1 kg gaya (atau sering ditulis 1 kg) ekuivalen dengan 10 Newton. Pada gambar 8 dijelaskan pengertian gaya tersebut.

F.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan individu


G.    Kegiatan Pembelajaran
Uraian kegiatan pembelajaran
Metode
Waktu
Media
a.       a.   Kegiatan Pendahuluan
·      Mengelola kelas
-      Salam pembuka
-      Membaca do’a
-      Absensi
·       Membangkitkan  motivasi siswa
·       Melakukan apersepsi dan memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus dimilki oleh seorang yang beragama.
 b.   Kegiatan Inti
·         Mengamati
-      Siswa mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajaran tentang Normal Gaya Lintang Momen memahami gaya dan arahnya Gaya
·         Menanya
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.

·         Mengumpulkan Data
-              Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan temannya dalam menganalisa  Normal Gaya Lintang  Momen  memahami gaya dan arahnya Gaya
- Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·         Mengasosiasi
- Siswa mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan guru.

·         Mengkomunikasikan
-  Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-   Guru memberikan penguatan terhadap pendapat siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-  Guru memberikan tugas resume kepada siswa.


 c.   Kegiatan Penutup
-       Evaluasi
§  Menanyakan  materi yang belum di pahami kepada siswa
§  Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-       Guru menjelaskan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang terkait dengan pelajaran berikutnya.




Tanya
jawab





Ceramah,



Tanya Jawab,



Diskusi















Ceramah




15
menit









105
menit


















15
menit









   

Tampilan Power Point






Modul mekanika teknik



















H.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.         Tanya Jawab Langsung
2.         Tugas
3.         Keaktifan
4.         PHB 1 : Assesment Kognitif
5.         PHB 2 : Assesment Afektif

I.       SUMBER BELAJAR
-           Modul Mekanika Teknik
     J.    DAFTAR PUSTAKA
           Ariestadi, Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126

Diketahui/Disahkan                                                                          Guru yang Bersangkutan
Kepala Sekolah                                  



 (…………………...)                                                                              (Febrieco Seiger)
NIP :                                                                                                    NIM : 1101859/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar