RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Topik : Menerapkan
cara menyusun gaya dalam struktur bangunan
Pertemuan ke : 16
Minggu ke-16
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menerapkan
cara menyusun gaya dalam struktur bangunan
4.1 Menalar cara menyusun gaya dalam struktur
bangunan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a) Siswa dapat
memahami dan menganalisis Hukum Newton : cara analitis dan grafis
Afektif
a) Siswa mengikuti
pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan
toleransi sesama teman.
b) Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a) Siswa menggunakan
ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
a) Secara mandiri,
siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan menyimpulkan faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi suatu struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan
pembebanan dengan mengerjakan soal dengan benar
b) Siswa dapat
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan
kriteria desain dan pembebanan dengan mengerjakan soal benar
Afektif
a) Selama proses
belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik
dan menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a) Setelah mengikuti
pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan
menerapkannya selama proses pembelajaran.
E.
Materi
Pembelajaran
Hukum gerak Newton adalah tiga
hukum fisika yang menjadi dasar mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan
hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang
disebabkannya. Hukum ini telah dituliskan dengan pembahasaan yang berbeda-beda
selama hampir 3 abad,[1] dan dapat dirangkum sebagai berikut:
1.
Hukum
Pertama: setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya
yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut.[2][3][4] Berarti jika
resultan gaya nol, maka pusat massa dari suatu benda tetap diam, atau bergerak
dengan kecepatan konstan (tidak mengalami percepatan). Hal ini berlaku jika
dilihat dari kerangka acuan inersial.
2.
Hukum
Kedua: sebuah benda dengan massa M mengalami gaya resultan sebesar F akan
mengalami percepatan a yang arahnya sama dengan arah gaya, dan besarnya
berbanding lurus terhadap F dan berbanding terbalik terhadap M. atau F=Ma. Bisa
juga diartikan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan turunan
dari momentum linear benda tersebut terhadap waktu.
3.
Hukum
Ketiga: gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan
arah terbalik, dan segaris. Artinya jika ada benda A yang memberi gaya sebesar
F pada benda B, maka benda B akan memberi gaya sebesar –F kepada benda A. F dan
–F memiliki besar yang sama namun arahnya berbeda. Hukum ini juga terkenal
sebagai hukum aksi-reaksi, dengan F disebut sebagai aksi dan –F adalah
reaksinya.
Ketiga hukum gerak ini pertama
dirangkum oleh Isaac Newton dalam karyanya Philosophiæ Naturalis Principia
Mathematica, pertama kali diterbitkan pada 5 Juli 1687.[5] Newton menggunakan
karyanya untuk menjelaskan dan meniliti gerak dari bermacam-macam benda fisik
maupun sistem.[6] Contohnya dalam jilid tiga dari naskah tersebut, Newton
menunjukkan bahwa dengan menggabungkan antara hukum gerak dengan hukum
gravitasi umum, ia dapat menjelaskan hukum pergerakan planet milik Kepler
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
individu
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Uraian kegiatan
pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a.
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelola
kelas
-
Salam
pembuka
-
Membaca
do’a
-
Absensi
·
Membangkitkan motivasi siswa
·
Melakukan apersepsi dan
memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus
dimilki oleh seorang yang beragama.
b. Kegiatan Inti
·
Mengamati
- Siswa
mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajaran tentang Hukum Newton :
cara analitis dan grafis
·
Menanya
-
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.
·
Mengumpulkan
Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan
temannya dalam menganalisa Hukum Newton : cara analitis dan grafis
- Guru berperan sebagai narasumber dan
fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·
Mengasosiasi
- Siswa
mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan
guru.
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-
Guru memberikan penguatan terhadap pendapat
siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-
Guru memberikan tugas resume
kepada siswa.
c. Kegiatan
Penutup
-
Evaluasi
§
Menanyakan materi yang belum di pahami kepada siswa
§
Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang
terkait dengan pelajaran berikutnya.
|
Tanya
jawab
Ceramah,
Tanya
Jawab,
Diskusi
Ceramah
|
15
menit
105
menit
15
menit
|
Tampilan
Power Point
Modul
mekanika teknik
|
H.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Tanya
Jawab Langsung
2. Tugas
3. Keaktifan
4. PHB
1 : Assesment Kognitif
5. PHB
2 : Assesment Afektif
I.
SUMBER
BELAJAR
- Modul
Mekanika Teknik
J. DAFTAR PUSTAKA
Ariestadi,
Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126
Diketahui/Disahkan Guru
yang Bersangkutan
Kepala Sekolah
(…………………...) (Febrieco
Seiger)
NIP : NIM : 1101859/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar