RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Topik :
Mengkategorikan elemen-elemen struktur
berdasarkan karakteristiknya.
Pertemuan ke : 2
Minggu ke-2
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengkategorikan
elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya.
4.1 Menalar
elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a) Siswa dapat
mengklasifikasikan berbagai elemen
struktur berdasarkan elemen utama struktur
Afektif
a) Siswa mengikuti
pembelajaran Mekanika Teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan
toleransi sesama teman.
b) Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung
Psikomotor
a) Siswa menggunakan
ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
a) Secara mandiri,
siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan menyimpulkan klasifikasi struktur
berdasarkan kekakuannya dan material pembenatuknya..
b) Siswa dapat
memahami dan menalar elemen-elemen utama struktur.
Afektif
a) Selama proses
belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik
dan menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a) Setelah mengikuti
pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan
menerapkannya selama proses pembelajaran.
E.
Materi
Pembelajaran
A.Klasifikasi struktur
Untuk dapat memahami
suatu bidang ilmu termasuk struktur bangunan maka pengetahuan tentang bagaimana
kelompok kelompok dalam struktur dibedakan, di urutkan dan diberi nama secara
sistematis sangat di perlukan.Pengatahuan tentang kriteria dan kemungkinan
hubungan dari bentuk bentuk menjadi dasar untuk mengklasifikasikan struktur
bangunan.Metode umum yang sering digunakan adalah mengklasifikasikan elemen
struktur dan systemnya menurut bentuk dan sifat fisik dari suatu konstruksi
seperti pada gambar 2.
1.Klasifikasi
struktur berdasarkan geometrid an bentuk dasarnya :
- Elemen garis adalah elemen yang panjang dan langsing dengan potongan melintang nya lebih kecil dibandingkan ukuran panjangnya.Elemen garis dapat dibedakan menjadi elemen lurus dan elemen melengkung.
- Elemen permukaan adalah elemen yang ketebalannya lebih kecil dari pada ukuran panjang nya.Elemen datar dapat berupa datar atau lengkung.Elemen lengkung bisa berupa lengkung tunggal atau lengkung ganda.
2.Klasifikasi
struktur berdasarkan karakteristik kekakuan elemen :
- Elemen kaku, biasanya sebagai elemen yang tidak mengalami perubahan bentuk yang cukup besar apabila mengalami tekanan beban.
- Elemen tidak kaku atau fleksibel, misalnya kabel yang berubah menjadi bentuk tertentu pada suatu kondisi pembebanannya.Struktur fleksibel akan mempertahankan keutuhan fisik nya meskipun bentuknya berubah-ubah.
3.Berdasarkan
susunan elemen :
- System satu arah, dengan mekanime transfer beban dari struktur untuk menyalurkan ketanah merupakan aksi satu arah saja.Sebuah balok yang terbentang pada dua titik tumpuan adalh contoh system satu arah.
- System dua arah dengan system bersilang yang terletak diantara dua titik tumpuan dan tidak terletak diatas garis yang sama.
4.berdasarkan
material pembentuknya di bedakan :
- Struktur kayu
- Struktur baja
- Struktur beton,dll
B.Elemen-elemen
utama struktur.
Elemen-elemen
struktur utama seperti pada gambar 3 di kelompok kan menjadi 3 kelompok utama
yaitu :
- Elemen kaku yang umum digunakan yaitu balok, kolom, pelengkung, pelat datar, pelat berpelengkungan dan cangkang.
- Elemen tidak kaku atau fleksibel seperti kabel, membrane atau kabel berpelengkung tunggal maupun ganda.
- Elemen elemen yang merupakan rangkaian dari elemen elemen tunggal : rangka, rangka batang, kubah dan jaring.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
individu
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Uraian kegiatan
pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a.
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelola
kelas
-
Salam
pembuka
-
Membaca
do’a
-
Absensi
·
Membangkitkan motivasi siswa
·
Melakukan apersepsi dan
memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus
dimilki oleh seorang yang beragama.
b. Kegiatan Inti
·
Mengamati
-
Siswa
mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajaran tentang mengkategorikan
elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya.
·
Menanya
-
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.
·
Mengumpulkan
Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan
temannya dalam menalar elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya.
- Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator bagi
siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·
Mengasosiasi
-
Siswa mengasosiasikan hasil
diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan guru.
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-
Guru memberikan penguatan terhadap pendapat
siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-
Guru memberikan tugas resume
kepada siswa.
c. Kegiatan
Penutup
-
Evaluasi
§
Menanyakan materi yang belum di pahami kepada siswa
§
Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang
terkait dengan pelajaran berikutnya.
|
Tanya
jawab
Ceramah,
Tanya
Jawab,
Diskusi
Ceramah
|
15
menit
105
menit
15
menit
|
Tampilan
Power Point
Modul
mekanika teknik
|
H. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Tanya
Jawab Langsung
2. Tugas
3. Keaktifan
4. PHB
1 : Assesment Kognitif
5. PHB
2 : Assesment Afektif
I. SUMBER
BELAJAR
- Modul
Mekanika Teknik
J.
Daftar Pustaka
Ariestadi,
Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126.
Diketahui/Disahkan Guru
yang Bersangkutan
Kepala Sekolah
(…………………...) (Febrieco
Seiger)
NIP :
NIM : 1101859/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar