Senin, 13 Juli 2015

RPP KE-2 MINGGU KE-2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester          : X / I
Mata Pelajaran            : Mekanika Teknik
   Topik                           : Mengkategorikan elemen-elemen struktur  berdasarkan   karakteristiknya.
Pertemuan ke              : 2
                                      Minggu ke-2
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 3     :  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4     :  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar

3.1       Mengkategorikan elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya.
4.1       Menalar elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya.




C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a)      Siswa dapat mengklasifikasikan  berbagai elemen struktur berdasarkan elemen utama struktur
Afektif
a)      Siswa mengikuti pembelajaran Mekanika Teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan toleransi sesama teman.
b)      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung

Psikomotor
a)      Siswa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.

D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a)      Secara mandiri, siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan menyimpulkan klasifikasi struktur berdasarkan kekakuannya dan material pembenatuknya..
b)      Siswa dapat memahami dan menalar elemen-elemen utama struktur.

Afektif
a)      Selama proses belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik dan  menerapkan toleransi sesama teman.



Psikomotor
a)      Setelah mengikuti pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.

E.     Materi Pembelajaran
A.Klasifikasi struktur
      Untuk dapat memahami suatu bidang ilmu termasuk struktur bangunan maka pengetahuan tentang bagaimana kelompok kelompok dalam struktur dibedakan, di urutkan dan diberi nama secara sistematis sangat di perlukan.Pengatahuan tentang kriteria dan kemungkinan hubungan dari bentuk bentuk menjadi dasar untuk mengklasifikasikan struktur bangunan.Metode umum yang sering digunakan adalah mengklasifikasikan elemen struktur dan systemnya menurut bentuk dan sifat fisik dari suatu konstruksi seperti pada gambar 2.
1.Klasifikasi struktur berdasarkan geometrid an bentuk dasarnya :
  • Elemen garis adalah elemen yang panjang dan langsing dengan potongan melintang nya lebih kecil dibandingkan ukuran panjangnya.Elemen garis dapat dibedakan menjadi elemen lurus dan elemen melengkung.
  • Elemen permukaan adalah elemen yang ketebalannya lebih kecil dari pada ukuran panjang nya.Elemen datar dapat berupa datar atau lengkung.Elemen lengkung bisa berupa lengkung tunggal atau lengkung ganda.

2.Klasifikasi struktur berdasarkan karakteristik kekakuan elemen :
  • Elemen kaku, biasanya sebagai elemen yang tidak mengalami perubahan bentuk yang cukup besar apabila mengalami tekanan beban.
  • Elemen tidak kaku atau fleksibel, misalnya kabel yang berubah menjadi bentuk tertentu pada suatu kondisi pembebanannya.Struktur fleksibel akan mempertahankan keutuhan fisik nya meskipun bentuknya berubah-ubah.
3.Berdasarkan susunan elemen :
  • System satu arah, dengan mekanime transfer beban dari struktur untuk menyalurkan ketanah merupakan aksi satu arah saja.Sebuah balok yang terbentang pada dua titik tumpuan adalh contoh system satu arah.
  • System dua arah dengan system bersilang yang terletak diantara dua titik tumpuan dan tidak terletak diatas garis yang sama.


4.berdasarkan material pembentuknya di bedakan :
  • Struktur kayu
  • Struktur baja
  • Struktur beton,dll


B.Elemen-elemen utama struktur.
Elemen-elemen struktur utama seperti pada gambar 3 di kelompok kan menjadi 3 kelompok utama yaitu :
  • Elemen  kaku yang umum digunakan yaitu balok, kolom, pelengkung, pelat datar, pelat berpelengkungan dan cangkang.
  • Elemen tidak kaku atau fleksibel seperti kabel, membrane atau kabel berpelengkung tunggal maupun ganda.
  • Elemen elemen yang merupakan rangkaian dari elemen elemen tunggal : rangka, rangka batang, kubah dan jaring.

F.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan individu

G.    Kegiatan Pembelajaran
Uraian kegiatan pembelajaran
Metode
Waktu
Media
a.       a.   Kegiatan Pendahuluan
·      Mengelola kelas
-      Salam pembuka
-      Membaca do’a
-      Absensi
·       Membangkitkan  motivasi siswa
·       Melakukan apersepsi dan memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus dimilki oleh seorang yang beragama.
 b.   Kegiatan Inti
·         Mengamati
- Siswa mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajaran tentang mengkategorikan elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya.

·         Menanya
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.

·         Mengumpulkan Data
 -  Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan temannya dalam menalar elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya.
 - Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·         Mengasosiasi
-  Siswa mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan guru.


·         Mengkomunikasikan
-  Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-   Guru memberikan penguatan terhadap pendapat siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-  Guru memberikan tugas resume kepada siswa.

 c.   Kegiatan Penutup
-       Evaluasi
§  Menanyakan  materi yang belum di pahami kepada siswa
§  Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-       Guru menjelaskan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang terkait dengan pelajaran berikutnya.




Tanya
jawab





Ceramah,



Tanya Jawab,



Diskusi















Ceramah




15
menit









105
menit


















15
menit









   

Tampilan Power Point






Modul mekanika teknik




















H.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.         Tanya Jawab Langsung
2.         Tugas
3.         Keaktifan
4.         PHB 1 : Assesment Kognitif
5.         PHB 2 : Assesment Afektif

I.       SUMBER BELAJAR
-           Modul Mekanika Teknik
     J.    Daftar Pustaka
           Ariestadi, Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126.




Diketahui/Disahkan                                                                          Guru yang Bersangkutan
Kepala Sekolah                                  



 (…………………...)                                                                              (Febrieco Seiger)
NIP :                                                                                                    NIM : 1101859/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar