Senin, 13 Juli 2015

RPP KE-12 MINGGU KE-12



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester          : X / I
Mata Pelajaran            : Mekanika Teknik
   Topik                           : Menganalisis macam- macam  gaya dalam struktur bangunan
Pertemuan ke              : 12
                                     Minggu ke-12
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 3     :  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4     :  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar

3.1       Menganalisis macam- macam  gaya dalam struktur bangunan
4.1       Menalar macam-macam gaya dalam struktur bangunan



C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a)      Siswa dapat menganalisis gaya-gaya dalam pada suatu struktur bangunan
Afektif
a)      Siswa mengikuti pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan toleransi sesama teman.
b)      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a)      Siswa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.

D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a)   Secara mandiri, siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan menyimpulkan gaya-gaya dalam pada suatu struktur bangunan dengan mengerjakan soal secara benar
Afektif
a)      Selama proses belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik dan  menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a)      Setelah mengikuti pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.




E.     Materi Pembelajaran

        Pemodelan beban pada struktur digunakan untuk menyederhanakan di dalam perhitungan analisis dan desain struktur.

A.    Beban

      Beban-beban yang bekerja pada suatu struktur dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kategori, yaitu :
1.      Beban Mati (Dead Loads)

          Beban mati adalah segala sesuatu bagian struktur yang bersifat tetap, termasuk dalam hal ini berat sendiri struktur.Sebagai contoh adalah berat sendiri balok, kolom, pelat lantai dan dinding. Contoh la adalah atap, dinding, jendela, plumbing, peralatan elektrikal, dan lain sebagainya.

2.      Beban Hidup (Live Loads)

          Beban hidup adalah semua beban yang bersifat dapat berpindah-pindah (beban berjalan), atau beban yang bersifat sementara yang ditempatkan pada suatu tempat Sebagai contoh adalah beban kendaraan pada area parkir, kelengkapan meja/kursi pada kantor, dinding partisi, manusia, beban air pada kolam renang, beban air pada tangki air, dan lain sebagainya.

3.      Beban Gempa (Earthquake Loads)

         Beban gempa adalah beban yang bekerja pada suatu struktur akibat dari pergerakan tanah yang disebabkan karena adanya gempa bumi (baik itu gempa tektonik atau vulkanik) yang mempengaruhi struktur tersebut. Gempa   engakibatkan beban pada struktur karena interaksi tanah dengan struktur dan
karakteristik respons struktur.

4.      Beban Angin (Wind Loads)

          Beban angin adalah beban yang bekerja pada suatu struktur, akibat pengaruh struktur yang mem-blok aliran angin, sehingga energi kinetic angin akan dikonversi menjadi tekanan energi potensial, yang menyebabkan terjadinya beban angin. Efek beban angin pada suatu struktur bergantung pada berat jenis dan kecepatan udara, sudut luas angin, bentuk dan kekakuan struktur, dan faktor-faktor yang lain.






F.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan individu

G.    Kegiatan Pembelajaran
Uraian kegiatan pembelajaran
Metode
Waktu
Media
a.       a.   Kegiatan Pendahuluan
·      Mengelola kelas
-      Salam pembuka
-      Membaca do’a
-      Absensi
·       Membangkitkan  motivasi siswa
·       Melakukan apersepsi dan memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus dimilki oleh seorang yang beragama.
 b.   Kegiatan Inti
·         Mengamati
- Siswa mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajaran tentang Faktor yang mempengaruhi struktur Bangunan Berdasarkan kriteria desain dan pembebanan.
·         Menanya
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.

·         Mengumpulkan Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan temannya dalam menganalisa  Pengenalan pendekatan permodelan beban
- Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·         Mengasosiasi
- Siswa mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan guru.

·         Mengkomunikasikan
-  Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-   Guru memberikan penguatan terhadap pendapat siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-  Guru memberikan tugas resume kepada siswa.


 c.   Kegiatan Penutup
-       Evaluasi
§  Menanyakan  materi yang belum di pahami kepada siswa
§  Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-       Guru menjelaskan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang terkait dengan pelajaran berikutnya.




Tanya
jawab





Ceramah,



Tanya Jawab,



Diskusi















Ceramah




15
menit









105
menit


















15
menit









   

Tampilan Power Point






Modul mekanika teknik





















H.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.         Tanya Jawab Langsung
2.         Tugas
3.         Keaktifan
4.         PHB 1 : Assesment Kognitif
5.         PHB 2 : Assesment Afektif

I.       SUMBER BELAJAR
-           Modul Mekanika Teknik
     J.    DAFTAR PUSTAKA
           Ariestadi, Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126.




Diketahui/Disahkan                                                                          Guru yang Bersangkutan
Kepala Sekolah                                  



 (…………………...)                                                                              (Febrieco Seiger)
NIP :                                                                                                    NIM : 1101859/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar