RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Topik : Menganalisis
macam- macam gaya dalam struktur
bangunan
Pertemuan ke : 12
Minggu ke-12
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menganalisis
macam- macam gaya dalam struktur
bangunan
4.1 Menalar macam-macam gaya dalam struktur
bangunan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a) Siswa dapat
menganalisis gaya-gaya dalam pada suatu struktur bangunan
Afektif
a) Siswa mengikuti
pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan
toleransi sesama teman.
b) Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a) Siswa menggunakan
ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
a) Secara mandiri, siswa dapat menyebutkan,
menjelaskan, dan menyimpulkan gaya-gaya dalam pada suatu struktur bangunan
dengan mengerjakan soal secara benar
Afektif
a) Selama proses
belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik
dan menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a) Setelah mengikuti
pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan
menerapkannya selama proses pembelajaran.
E.
Materi
Pembelajaran
Pemodelan beban pada struktur digunakan
untuk menyederhanakan di dalam perhitungan analisis dan desain struktur.
A.
Beban
Beban-beban yang bekerja pada suatu
struktur dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kategori, yaitu :
1.
Beban
Mati (Dead Loads)
Beban mati adalah segala sesuatu
bagian struktur yang bersifat tetap, termasuk dalam hal ini berat sendiri
struktur.Sebagai contoh adalah berat sendiri balok, kolom, pelat lantai dan
dinding. Contoh la adalah atap, dinding, jendela, plumbing, peralatan
elektrikal, dan lain sebagainya.
2.
Beban
Hidup (Live Loads)
Beban hidup adalah semua beban yang
bersifat dapat berpindah-pindah (beban berjalan), atau beban yang bersifat
sementara yang ditempatkan pada suatu tempat Sebagai contoh adalah beban
kendaraan pada area parkir, kelengkapan meja/kursi pada kantor, dinding
partisi, manusia, beban air pada kolam renang, beban air pada tangki air, dan
lain sebagainya.
3.
Beban
Gempa (Earthquake Loads)
Beban gempa adalah beban yang bekerja
pada suatu struktur akibat dari pergerakan tanah yang disebabkan karena adanya
gempa bumi (baik itu gempa tektonik atau vulkanik) yang mempengaruhi struktur
tersebut. Gempa engakibatkan beban pada
struktur karena interaksi tanah dengan struktur dan
karakteristik
respons struktur.
4.
Beban
Angin (Wind Loads)
Beban angin adalah beban yang bekerja
pada suatu struktur, akibat pengaruh struktur yang mem-blok aliran angin,
sehingga energi kinetic angin akan dikonversi menjadi tekanan energi potensial,
yang menyebabkan terjadinya beban angin. Efek beban angin pada suatu struktur
bergantung pada berat jenis dan kecepatan udara, sudut luas angin, bentuk dan
kekakuan struktur, dan faktor-faktor yang lain.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
individu
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Uraian kegiatan
pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a.
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelola
kelas
-
Salam
pembuka
-
Membaca
do’a
-
Absensi
·
Membangkitkan motivasi siswa
·
Melakukan apersepsi dan
memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus
dimilki oleh seorang yang beragama.
b. Kegiatan Inti
·
Mengamati
-
Siswa
mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajaran tentang Faktor yang
mempengaruhi struktur Bangunan Berdasarkan kriteria desain dan pembebanan.
·
Menanya
-
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.
·
Mengumpulkan
Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan
temannya dalam menganalisa Pengenalan
pendekatan permodelan beban
- Guru berperan sebagai narasumber dan
fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·
Mengasosiasi
- Siswa
mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan
guru.
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-
Guru memberikan penguatan terhadap pendapat
siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-
Guru memberikan tugas resume
kepada siswa.
c. Kegiatan
Penutup
-
Evaluasi
§
Menanyakan materi yang belum di pahami kepada siswa
§
Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang
terkait dengan pelajaran berikutnya.
|
Tanya
jawab
Ceramah,
Tanya
Jawab,
Diskusi
Ceramah
|
15
menit
105
menit
15
menit
|
Tampilan
Power Point
Modul
mekanika teknik
|
H.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Tanya
Jawab Langsung
2. Tugas
3. Keaktifan
4. PHB
1 : Assesment Kognitif
5. PHB
2 : Assesment Afektif
I.
SUMBER
BELAJAR
- Modul
Mekanika Teknik
J. DAFTAR PUSTAKA
Ariestadi,
Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126.
Diketahui/Disahkan Guru
yang Bersangkutan
Kepala Sekolah
(…………………...) (Febrieco
Seiger)
NIP :
NIM : 1101859/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar