RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Topik : Menyajikan
faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan
pembebanan Menganalisis faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria
desain dan pembebanan
Pertemuan ke : 5
Minggu ke-5
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
3.2 Menyajikan
faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan
pembebanan
4.2 Menganalisis faktor yang
mempengaruhi struktur bangunan
berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a) Siswa mengetahui
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria
Desain dan Pembebanan..
b)
Siswa dapat menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan.
Afektif
a) Siswa mengikuti pembelajaran
mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan toleransi sesama teman.
b) Siswa mendengarkan penjelasan
dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a) Siswa menggunakan
ilmu yang didapat, dann menerapkannya di dalam proses pembelajaran.
b)
D.
Tujuan Pembelajaran :
Kognitif
a) Secara mandiri, siswa dapat
menyebutkan, menjelaskan, dan Menyimpulkan Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi suatu struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
dengan mengerjakan soal dengan benar.
b) Secara mandiri siswa dapat
menyebutkan, menjelaskan dan menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi
struktur bangunan berdasarkan kriteria desain pembebanan.
Afektif
a) Selama proses belajar berlangsung,
siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik dan menerapkan toleransi sesama teman.
b) Terlibat dalam proses belajar
mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat membuat
kemajuan dalam menunjukkan perilaku
berkarakter meliputi: kejujuran, peduli,
dan tanggung jawab.
Psikomotor
a) Setelah mengikuti pelajaran mekanika teknik,
siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya dilapangan kerja.
E. Materi Pelajaran
a) Kriteria Desain
Struktur : Kemampuan Layan, Efisiensi, Konstruksi, Ekonomis, dll.
Adapun Faktor-faktor Desain yang
mempengaruhi Sebuah struktur bangunan adalah :
• Kemampuan Layan
Struktur harus mampu memikul beban
rancangan secara aman, tanpa kelebihan tegangan pada material dan mempunyai
batas deformasi dalam batas yang diizinkan. Kemampuan layan meliputi: Kriteria
kekuatan, Variasi kekakuan struktur, Garakan pada struktur
• Efisiensi
Kriteria
efisiensi mencakup tujuan untuk mendesain struktur yang relatif lebih ekonomis.
• Konstruksi
Tinjauan konstruksi juga akan
mempengaruhi pilihan struktural.Konstruksi merupakan kegiatan perakitan
elemen-elemen atau materialmaterial struktur.
• Ekonomis
Harga merupakan faktor yang menentukan
pemilihan struktur. Konsepharga berkaitan dengan efisiensi bahan dan kemudahan
pelaksanaannya.
b) Kriteria
Pembebanan Struktur: Gaya Statis (Beban mati, Beban hidup), Gaya Dinamis (
Beban Angin, Beban Gempa)
Secara Garis besar
ada 2 faktor yang mempengaruhi Struktur berdasarkan Kriteria Pembebanan, Yaitu
:
• Gaya-Gaya Statis
Gaya Dinamis adalah gaya yang bekerja
secara terus-menerus pada struktur. Yang digolongkan kedalam gaya-gaya statis
adalah Beban Mati, dan Beban Hidup
• Gaya Dinamis
Gaya Dinamis adalah gaya yang bekerja
secara tiba-tiba dan/atau kadang-kadang pada struktur. Yang dikategorikan
Gaya-gaya Dinamis adalah Beban Angin dan Beban Gempa.
F. Metode Pembelajaran
a) Ceramah.
b) Diskusi.
c) Penugasan Individu dan kelompok.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Uraian kegiatan
pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a.
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelola
kelas
-
Salam
pembuka
-
Membaca
do’a
-
Absensi
·
Membangkitkan motivasi siswa
·
Melakukan apersepsi dan
memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus
dimilki oleh seorang yang beragama.
b. Kegiatan Inti
·
Mengamati
- Siswa mengamati/melihat guru sedang menjelaskan
pelajaran tentang Faktor yang mempengaruhi struktur Bangunan Berdasarkan
kriteria desain dan pembebanan.
·
Menanya
-
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.
·
Mengumpulkan
Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan
temannya dalam menganalisa gaya gaya yang terdapat pada struktur bangunan
- Guru berperan sebagai narasumber dan
fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·
Mengasosiasi
- Siswa
mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan
guru.
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-
Guru memberikan penguatan terhadap pendapat
siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-
Guru memberikan tugas resume
kepada siswa.
c. Kegiatan
Penutup
-
Evaluasi
§
Menanyakan materi yang belum di pahami kepada siswa
§
Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang
terkait dengan pelajaran berikutnya.
|
Tanya
jawab
Ceramah,
Tanya
Jawab,
Diskusi
Ceramah
|
15
menit
105
menit
15
menit
|
Tampilan
Power Point
Modul
mekanika teknik
|
H.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Tanya
Jawab Langsung
2. Tugas
3. Keaktifan
4. PHB
1 : Assesment Kognitif
5. PHB
2 : Assesment Afektif
I.
SUMBER
BELAJAR
- Modul
Mekanika Teknik
J. Daftar
Pustaka
Ariestadi,
Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126.
Diketahui/Disahkan Guru
yang Bersangkutan
Kepala Sekolah
(…………………...) (Febrieco
Seiger)
NIP :
NIM : 1101859/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar