Senin, 13 Juli 2015

RPP 5 MINGGU KE-5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester          : X / I
Mata Pelajaran            : Mekanika Teknik
   Topik                           : Menyajikan faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan Menganalisis faktor yang mempengaruhi   struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
Pertemuan ke              : 5
                                  Minggu ke-5
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 3     :  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4     :  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar

3.2       Menyajikan faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
4.2       Menganalisis faktor yang mempengaruhi   struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a)      Siswa mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria Desain dan Pembebanan..
b)                  Siswa dapat menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan.
                  Afektif
                 a)    Siswa mengikuti pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan,              dan menerapkan toleransi sesama teman.
                 b)  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
                 Psikomotor
a)      Siswa menggunakan ilmu yang didapat, dann menerapkannya di dalam proses pembelajaran.
b)       
D.    Tujuan Pembelajaran :
                  Kognitif
                a)   Secara mandiri, siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan Menyimpulkan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi suatu struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan dengan mengerjakan soal dengan benar.
                b)  Secara mandiri siswa dapat menyebutkan, menjelaskan dan menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain pembebanan.
                   Afektif
                a)  Selama proses belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik dan  menerapkan toleransi sesama teman.
                b)  Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat membuat kemajuan  dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:  kejujuran, peduli, dan tanggung jawab.

                  Psikomotor
a)       Setelah mengikuti pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya dilapangan kerja.

      E. Materi Pelajaran
a) Kriteria Desain Struktur : Kemampuan Layan, Efisiensi, Konstruksi, Ekonomis, dll.
    Adapun Faktor-faktor Desain yang mempengaruhi Sebuah struktur bangunan adalah :
• Kemampuan Layan
        Struktur harus mampu memikul beban rancangan secara aman, tanpa kelebihan tegangan pada material dan mempunyai batas deformasi dalam batas yang diizinkan. Kemampuan layan meliputi: Kriteria kekuatan, Variasi kekakuan struktur, Garakan pada struktur
• Efisiensi
       Kriteria efisiensi mencakup tujuan untuk mendesain struktur yang relatif lebih ekonomis.
• Konstruksi
       Tinjauan konstruksi juga akan mempengaruhi pilihan struktural.Konstruksi merupakan kegiatan perakitan elemen-elemen atau materialmaterial struktur.
• Ekonomis
       Harga merupakan faktor yang menentukan pemilihan struktur. Konsepharga berkaitan dengan efisiensi bahan dan kemudahan pelaksanaannya.
b) Kriteria Pembebanan Struktur: Gaya Statis (Beban mati, Beban hidup), Gaya Dinamis ( Beban Angin, Beban Gempa)

Secara Garis besar ada 2 faktor yang mempengaruhi Struktur berdasarkan Kriteria Pembebanan, Yaitu :
• Gaya-Gaya Statis
       Gaya Dinamis adalah gaya yang bekerja secara terus-menerus pada struktur. Yang digolongkan kedalam gaya-gaya statis adalah Beban Mati, dan Beban Hidup
• Gaya Dinamis
       Gaya Dinamis adalah gaya yang bekerja secara tiba-tiba dan/atau kadang-kadang pada struktur. Yang dikategorikan Gaya-gaya Dinamis adalah Beban Angin dan Beban Gempa.

F. Metode   Pembelajaran
a)          Ceramah.
b)          Diskusi.
c)          Penugasan Individu dan kelompok.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Uraian kegiatan pembelajaran
Metode
Waktu
Media
a.       a.   Kegiatan Pendahuluan
·      Mengelola kelas
-      Salam pembuka
-      Membaca do’a
-      Absensi
·       Membangkitkan  motivasi siswa
·       Melakukan apersepsi dan memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus dimilki oleh seorang yang beragama.
 b.   Kegiatan Inti
·         Mengamati
- Siswa mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajaran tentang Faktor yang mempengaruhi struktur Bangunan Berdasarkan kriteria desain dan pembebanan.
·         Menanya
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.

·         Mengumpulkan Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan temannya dalam menganalisa gaya gaya yang terdapat pada struktur bangunan
- Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·         Mengasosiasi
- Siswa mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan guru.

·         Mengkomunikasikan
-  Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-   Guru memberikan penguatan terhadap pendapat siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-  Guru memberikan tugas resume kepada siswa.


 c.   Kegiatan Penutup
-       Evaluasi
§  Menanyakan  materi yang belum di pahami kepada siswa
§  Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-       Guru menjelaskan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang terkait dengan pelajaran berikutnya.




Tanya
jawab





Ceramah,



Tanya Jawab,



Diskusi















Ceramah




15
menit









105
menit


















15
menit









   

Tampilan Power Point






Modul mekanika teknik




















H.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.         Tanya Jawab Langsung
2.         Tugas
3.         Keaktifan
4.         PHB 1 : Assesment Kognitif
5.         PHB 2 : Assesment Afektif

I.       SUMBER BELAJAR
-           Modul Mekanika Teknik
     J.    Daftar Pustaka
           Ariestadi, Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126.



Diketahui/Disahkan                                                                          Guru yang Bersangkutan
Kepala Sekolah                                  



 (…………………...)                                                                              (Febrieco Seiger)
NIP :                                                                                                    NIM : 1101859/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar