RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Topik : Menganalisis
macam- macam gaya dalam struktur
bangunan
Pertemuan ke : 10
Minggu ke-10
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menganalisis
macam- macam gaya dalam struktur
bangunan
4.1 Menalar macam-macam gaya dalam struktur
bangunan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a) Siswa dapat
mengetahui macam-macam gaya dalam gaya dalam suatu suatu struktur bangunan
b) Siswa dapat
mengidentifikasi gaya-gaya dalam yang bekerja pada struktur bangunan
Afektif
a) Siswa mengikuti
pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan
toleransi sesama teman.
b) Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a) Siswa menggunakan
ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
a) Secara mandiri,
siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan menyimpulkan macam-macam gaya dalam
gaya dalam suatu suatu struktur bangunan dengan mengerjakan soal secara benar
b) Secara mandiri,
siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan menyimpulkan serta mengidentifikasi gaya-gaya dalam yang bekerja
pada struktur bangunan dengan mengerjakan soal dengan benar
Afektif
a) Selama proses
belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik
dan menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a) Setelah mengikuti
pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan
menerapkannya selama proses pembelajaran.
E.
Materi
Pembelajaran
A.
kestabilan.
konsep kestabilan struktur seperti sebuah
bola yang berada pada suatu tempat dengan keadaan tertentu.
Pada gambar
pertama di atas, keadaan a menunjukkan keadaan yang stabil, Konsep ini dapat
diterapkan pada kolom atau shearwall yang merupakan struktur utama penopang
gedung. Kolom atau shearwall tersebut dapat mengalami tekuk atau buckling,
keadaannya pun berbeda-beda, namun jika kolom atau shearwall tersebut dapat
kembali pada keadaan semula maka kolom atau shearwall tersebut dapat dikatakan
stabil.
B.
kekakuan.
Suatu struktur harus memiliki kekakuan yang
cukup sehingga pergerakkannya dapat dibatasi. Kekakuan struktur dapat diukur
dari besarnya simpangan antar lantai (drift) bangunan, semakin kecil simpangan
struktur maka bangunan tersebut akan semakin kaku (Smith dan Coull, 1991).
Kekakuan bahan itu sendiri dipengaruhi oleh modulus elastisitas bahan dan
ukuran elemen tersebut. Dan modulus elastisitas berbanding lurus dengan
kekuatan bahan, maka semakin kuat bahan maka bahan tersebut juga semakin kaku.
C.
kekuatan.
Syarat kekuatan
ini mencakup seluruh elemen struktur, baik pelat, kolom, balok, dan shearwall.
Cara mengeceknya pun sesuai dengan perilaku elemen-elemen tersebut. Misalnya
kolom, cari terlebih dahulu diagram interaksi dan tentukan dimana titik Pu,Mu
maksimum pada diagram interaksi tersebut, jika titik tersebut berada di luar
dan di bawah keadaan balance, maka terjadi kegagalan tarik. Jika berada di luar
sebelah atas keadaan balance maka terjadi kegagalan
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
individu
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Uraian kegiatan
pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a.
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelola
kelas
-
Salam
pembuka
-
Membaca
do’a
-
Absensi
·
Membangkitkan motivasi siswa
·
Melakukan apersepsi dan
memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus dimilki
oleh seorang yang beragama.
b. Kegiatan Inti
·
Mengamati
-
Siswa
mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajaran tentang Kestabilan
struktur ; menyeluruh, hubungan, kekuatan dan kekakuan elemen
·
Menanya
-
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.
·
Mengumpulkan
Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan
temannya dalam memahami dan menganalisis Kestabilan struktur ; menyeluruh,
hubungan, kekuatan dan kekakuan elemen.
- Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator
bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·
Mengasosiasi
- Siswa
mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan
guru.
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-
Guru memberikan penguatan terhadap pendapat
siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-
Guru memberikan tugas resume
kepada siswa.
c. Kegiatan
Penutup
-
Evaluasi
§
Menanyakan materi yang belum di pahami kepada siswa
§
Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang
terkait dengan pelajaran berikutnya.
|
Tanya
jawab
Ceramah,
Tanya
Jawab,
Diskusi
Ceramah
|
15
menit
105
menit
15
menit
|
Tampilan
Power Point
Modul
mekanika teknik
|
H.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Tanya
Jawab Langsung
2. Tugas
3. Keaktifan
4. PHB
1 : Assesment Kognitif
5. PHB
2 : Assesment Afektif
I.
SUMBER
BELAJAR
- Modul
Mekanika Teknik
J. DAFTAR PUSTAKA
Ariestadi,
Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126.
Diketahui/Disahkan Guru
yang Bersangkutan
Kepala Sekolah
(…………………...) (Febrieco
Seiger)
NIP : NIM : 1101859/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar