RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Topik : Menerapkan
cara menyusun gaya dalam struktur bangunan
Pertemuan ke : 14
Minggu ke-14
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menerapkan
cara menyusun gaya dalam struktur bangunan
4.1 Menalar cara menyusun gaya dalam struktur
bangunan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a) Siswa dapat
memahami Konsep Besaran dan satuan : besaran skalar dan vektor
Afektif
a) Siswa mengikuti
pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan
toleransi sesama teman.
b) Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a) Siswa menggunakan
ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
a) Secara mandiri,
siswa dapat menyebutkan, menjelaskan, dan menyimpulkan faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi suatu struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan
pembebanan dengan mengerjakan soal dengan benar
b) Siswa dapat
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan
kriteria desain dan pembebanan dengan mengerjakan soal benar
Afektif
a) Selama proses
belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik
dan menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a) Setelah mengikuti
pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan
menerapkannya selama proses pembelajaran.
E.
Materi
Pembelajaran
Pengertian
Besaran
Besaran adalah segala sesuatu yang
dapat diukur atau dihitung, dinyatakan dengan angka dan mempunyai satuan.
Dari pengertian
ini dapat diartikan bahwa sesuatu itu dapat dikatakan sebagai besaran harus
mempunyai 3 syarat yaitu
1. dapat
diukur atau dihitung
2. dapat
dinyatakan dengan angka-angka atau mempunyai nilai
3. mempunyai
satuan
Besaran
berdasarkan cara memperolehnya dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu :
1. Fisika
yaitu besaran yang diperoleh dari pengukuran. Karena diperoleh dari pengukuran
maka harus ada alat ukurnya. Sebagai contoh adalah massa. Massa merupakan
besaran fisika karena massa dapat diukur dengan menggunakan neraca.
2.Besaran non Fisika yaitu besaran
yang diperoleh dari penghitungan. Dalam hal ini tidak diperlukan alat ukur
tetapi alat hitung sebagai misal kalkulator.
Pengertian
Satuan
Satuan
didefinisikan sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran. Setiap besaran mempunyai satuan masing-masing,
tidak mungkin dalam 2 besaran yang berbeda mempunyai satuan yang sama. Apa bila
ada dua besaran berbeda kemudian mempunyai satuan sama maka besaran itu pada
hakekatnya adalah sama. Sebagai contoh Gaya (F) mempunyai satuan Newton dan
Berat (w) mempunyai satuan Newton. Besaran ini kelihatannya berbeda tetapi
sesungguhnya besaran ini sama yaitu besaran turunan gaya. Besaran berdasarkan
arah dapat dibedakan menjadi 2 macam
1 Besaran vektor adalah besaran yang
mempunyai nilai dan arah sebagai contoh besaran kecepatan, percepatan dan
lain-lain.
2. Besaran
sekalar adalah besaranyang mempunyai nilai saja sebagai contoh kelajuan,
perlajuan dan lain-lain.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
individu
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Uraian kegiatan
pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a.
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelola
kelas
-
Salam
pembuka
-
Membaca
do’a
-
Absensi
·
Membangkitkan motivasi siswa
·
Melakukan apersepsi dan
memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus
dimilki oleh seorang yang beragama.
b. Kegiatan Inti
·
Mengamati
- Siswa mengamati/melihat guru sedang menjelaskan
pelajaran tentang Konsep Besaran dan satuan : besaran skalar dan vektor
·
Menanya
-
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.
·
Mengumpulkan
Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan
temannya dalam memahami konsep besaran dan vector serta satuanya
- Guru berperan sebagai narasumber dan
fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·
Mengasosiasi
- Siswa
mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan
guru.
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-
Guru memberikan penguatan terhadap pendapat
siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-
Guru memberikan tugas resume
kepada siswa.
c. Kegiatan
Penutup
-
Evaluasi
§
Menanyakan materi yang belum di pahami kepada siswa
§
Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang
terkait dengan pelajaran berikutnya.
|
Tanya
jawab
Ceramah,
Tanya
Jawab,
Diskusi
Ceramah
|
15
menit
105
menit
15
menit
|
Tampilan
Power Point
Modul
mekanika teknik
|
H.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Tanya
Jawab Langsung
2. Tugas
3. Keaktifan
4. PHB
1 : Assesment Kognitif
5. PHB
2 : Assesment Afektif
I.
SUMBER
BELAJAR
- Modul
Mekanika Teknik
J. DAFTAR PUSTAKA
Ariestadi,
Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126.
Diketahui/Disahkan Guru
yang Bersangkutan
Kepala Sekolah
(…………………...) (Febrieco Seiger)
NIP :
NIM : 1101859/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar