Senin, 13 Juli 2015

RPP KE-4 MINGGU KE-4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester          : X / I
Mata Pelajaran            : Mekanika Teknik
   Topik                           : Mengkategori elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya dan Menalar elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya
Pertemuan ke              : 4
                                      Minggu ke-4
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 3     :  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4     :  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar

3.1       Mengkategori elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya
4.1       Menalar elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya




C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a)      Siswa dapat mengklasifikasikan  berbagai elemen struktur berdasarkan elemen utama struktur
Afektif
a)      Siswa mengikuti pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan toleransi sesama teman.
b)      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a)      Siswa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.

D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a)      Secara mandiri, Siswa dapat mengklasifikasikan  berbagai elemen struktur berdasarkan elemen utama struktur
Afektif
a)      Selama proses belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik dan  menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a)      Setelah mengikuti pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.


E.     Materi Pembelajaran
a) Balok dan Kolom
Struktur yang dibentuk dengan cara meletakkan elemen kaku horisontal di atas elemen kaku vertikal. Elemen horisontal (balok) memikul beban yang bekerja secara transversal dari panjangnya dan menyalurkan beban tersebut ke elemen vertikal (kolom) yang menumpunya. Kolom dibebani secara aksial oleh balok, dan akan menyalurkan beban tersebut ke tanah. Balok akan melentur sebagai akibat dari beban yang bekerja secara transversal, sehingga balok sering disebut memikul beban secara melentur.

Kolom tidak melentur ataupun melendut karena pada umumnya mengalami gaya aksial saja. Pada suatu bangunan struktur balok dapat merupakan balok tunggal di atas tumpuan sederhana ataupun balok menerus. Pada umumnya balok menerus merupakan struktur yang lebih menguntungkan dibanding balok bentangan tunggal di atas dua tumpuan sederhana.

b) Rangka
Struktur rangka secara sederhana sama dengan jenis balok-tiang (post-and-beam), tetapi dengan aksi struktural yang berbeda karena adanya titik hubung kaku antar elemen vertikal dan elemen horisontalnya. Kekakuan titik hubung ini memberi kestabilan terhadap gaya lateral. Pada sistem rangka ini, balok maupun kolom akan melentur sebagai akibat adanya aksi beban pada struktur. Pada struktur rangka panjang setiap elemen t           erbatas, sehingga biasanya akan dibuat dengan pola berulang.

c) Rangka Batang
Rangka batang (trusses) adalah struktur yang dibuat dengan menyusun elemen linier berbentuk batang-batang yang relatif pendek dan lurus menjadi pola-pola segitiga. Rangka batang yang terdiri atas elemenelemen diskrit akan melendut secara keseluruhan apabila mengalami pembebanan seperti halnya balok yang terbebani transversal. Setiap elemen batangnya tidak melentur tetapi hanya akan mengalami gaya tarik atau tekan saja.

d) Dinding dan Plat
Pelat datar dan dinding adalah struktur kaku pembentuk permukaan.Suatu dinding pemikul beban dapat memikul beban baik beban yang bekerja dalam arah vertikal maupun beban lateral seperti beban angin maupun gempa. Jika struktur dinding terbuat dari susunan material kecil seperti bata, maka kekuatan terhadap beban dalam arah tegak lurus menjadi sangat terbatas. Struktur pelat datar digunakan secara horisontal dan memikul beban sebagai lentur dan meneruskannya ke tumpuan. Struktur pelat dapat terbuat dari beton bertulang ataupun baja. Pelat horisontal dapat dibuat dengan pola susunan elemen garis yang kaku dan pendek, dan bentuk segitiga tiga dimensi digunakan untuk memperoleh kekakuan yang lebih baik. Struktur pelat dapat berupa pelat lipat (folded plate) yang merupakan pelat kaku, sempit, panjang, yang digabungkan di  sepanjang sisi panjangnya dan digunakan dengan bentang horizontal.




F.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan individu

G.    Kegiatan Pembelajaran
Uraian kegiatan pembelajaran
Metode
Waktu
Media
a.       a.   Kegiatan Pendahuluan
·      Mengelola kelas
-      Salam pembuka
-      Membaca do’a
-      Absensi
·       Membangkitkan  motivasi siswa
·       Melakukan apersepsi dan memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus dimilki oleh seorang yang beragama.
 b.   Kegiatan Inti
·         Mengamati
- Siswa membaca informasi terkait dengan elemen-elemen struktur

·         Menanya
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.

·         Mengumpulkan Data
 -     Siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan temannya dalam menganalisa tentang elemen-elemen struktur
 - Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator bagi siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·         Mengasosiasi
-  Siswa mengasosiasikan hasil diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan guru.


·         Mengkomunikasikan
-  Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-   Guru memberikan penguatan terhadap pendapat siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-  Guru memberikan tugas resume kepada siswa.


 c.   Kegiatan Penutup
-       Evaluasi
§  Menanyakan  materi yang belum di pahami kepada siswa
§  Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-       Guru menjelaskan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang terkait dengan pelajaran berikutnya.




Tanya
jawab





Ceramah,



Tanya Jawab,



Diskusi















Ceramah




15
menit









105
menit


















15
menit









   

Tampilan Power Point






Modul mekanika teknik




















H.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.         Tanya Jawab Langsung
2.         Tugas
3.         Keaktifan
4.         PHB 1 : Assesment Kognitif
5.         PHB 2 : Assesment Afekti


I.       SUMBER BELAJAR
-           Modul Mekanika Teknik
     J.    Daftar Pustaka
           Ariestadi, Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126


Diketahui/Disahkan                                                                          Guru yang Bersangkutan
Kepala Sekolah                                  



 (…………………...)                                                                              (Febrieco Seiger)
NIP :                                                                                                    NIM : 1101859/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar