RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Teknik Bangunan
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Topik : Mengkategori
elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya dan Menalar elemen-elemen
struktur berdasarkan karakteristiknya
Pertemuan ke : 4
Minggu
ke-4
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengkategori
elemen-elemen struktur berdasarkan karakteristiknya
4.1 Menalar elemen-elemen struktur
berdasarkan karakteristiknya
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif
a) Siswa dapat
mengklasifikasikan berbagai elemen
struktur berdasarkan elemen utama struktur
Afektif
a) Siswa mengikuti
pembelajaran mekanika teknik dengan sikap yang baik, sopan, dan menerapkan
toleransi sesama teman.
b) Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru dan teman dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a) Siswa menggunakan
ilmu yang didapat, dan menerapkannya selama proses pembelajaran.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
a) Secara mandiri,
Siswa dapat mengklasifikasikan berbagai
elemen struktur berdasarkan elemen utama struktur
Afektif
a) Selama proses
belajar berlangsung, siswa mengikuti, mendengarkan pembelajaran dengan baik
dan menerapkan toleransi sesama teman.
Psikomotor
a) Setelah mengikuti
pelajaran mekanika teknik, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan
menerapkannya selama proses pembelajaran.
E.
Materi
Pembelajaran
a) Balok dan
Kolom
Struktur yang
dibentuk dengan cara meletakkan elemen kaku horisontal di atas elemen kaku
vertikal. Elemen horisontal (balok) memikul beban yang bekerja secara
transversal dari panjangnya dan menyalurkan beban tersebut ke elemen vertikal
(kolom) yang menumpunya. Kolom dibebani secara aksial oleh balok, dan akan
menyalurkan beban tersebut ke tanah. Balok akan melentur sebagai akibat dari
beban yang bekerja secara transversal, sehingga balok sering disebut memikul
beban secara melentur.
Kolom tidak
melentur ataupun melendut karena pada umumnya mengalami gaya aksial saja. Pada
suatu bangunan struktur balok dapat merupakan balok tunggal di atas tumpuan
sederhana ataupun balok menerus. Pada umumnya balok menerus merupakan struktur
yang lebih menguntungkan dibanding balok bentangan tunggal di atas dua tumpuan
sederhana.
b) Rangka
Struktur rangka
secara sederhana sama dengan jenis balok-tiang (post-and-beam), tetapi dengan
aksi struktural yang berbeda karena adanya titik hubung kaku antar elemen
vertikal dan elemen horisontalnya. Kekakuan titik hubung ini memberi kestabilan
terhadap gaya lateral. Pada sistem rangka ini, balok maupun kolom akan melentur
sebagai akibat adanya aksi beban pada struktur. Pada struktur rangka panjang
setiap elemen t erbatas,
sehingga biasanya akan dibuat dengan pola berulang.
c) Rangka Batang
Rangka batang
(trusses) adalah struktur yang dibuat dengan menyusun elemen linier berbentuk
batang-batang yang relatif pendek dan lurus menjadi pola-pola segitiga. Rangka
batang yang terdiri atas elemenelemen diskrit akan melendut secara keseluruhan
apabila mengalami pembebanan seperti halnya balok yang terbebani transversal.
Setiap elemen batangnya tidak melentur tetapi hanya akan mengalami gaya tarik
atau tekan saja.
d) Dinding dan
Plat
Pelat datar dan
dinding adalah struktur kaku pembentuk permukaan.Suatu dinding pemikul beban
dapat memikul beban baik beban yang bekerja dalam arah vertikal maupun beban
lateral seperti beban angin maupun gempa. Jika struktur dinding terbuat dari
susunan material kecil seperti bata, maka kekuatan terhadap beban dalam arah
tegak lurus menjadi sangat terbatas. Struktur pelat datar digunakan secara
horisontal dan memikul beban sebagai lentur dan meneruskannya ke tumpuan.
Struktur pelat dapat terbuat dari beton bertulang ataupun baja. Pelat
horisontal dapat dibuat dengan pola susunan elemen garis yang kaku dan pendek,
dan bentuk segitiga tiga dimensi digunakan untuk memperoleh kekakuan yang lebih
baik. Struktur pelat dapat berupa pelat lipat (folded plate) yang merupakan
pelat kaku, sempit, panjang, yang digabungkan di sepanjang sisi panjangnya dan digunakan
dengan bentang horizontal.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
individu
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Uraian kegiatan
pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a.
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelola
kelas
-
Salam
pembuka
-
Membaca
do’a
-
Absensi
·
Membangkitkan motivasi siswa
·
Melakukan apersepsi dan
memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus
dimilki oleh seorang yang beragama.
b. Kegiatan Inti
·
Mengamati
-
Siswa
membaca informasi terkait dengan elemen-elemen struktur
·
Menanya
-
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.
·
Mengumpulkan
Data
- Siswa diarahkan untuk bekerja sama
dengan temannya dalam menganalisa tentang elemen-elemen struktur
- Guru berperan sebagai narasumber dan fasilitator bagi
siswa untuk berdiskusi dengan temannya.
·
Mengasosiasi
-
Siswa mengasosiasikan hasil
diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan guru.
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
-
Guru memberikan penguatan terhadap pendapat
siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belum dikuasai siswa.
-
Guru memberikan tugas resume
kepada siswa.
c. Kegiatan
Penutup
-
Evaluasi
§
Menanyakan materi yang belum di pahami kepada siswa
§
Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
-
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang
terkait dengan pelajaran berikutnya.
|
Tanya
jawab
Ceramah,
Tanya
Jawab,
Diskusi
Ceramah
|
15
menit
105
menit
15
menit
|
Tampilan
Power Point
Modul
mekanika teknik
|
H. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Tanya
Jawab Langsung
2. Tugas
3. Keaktifan
4. PHB
1 : Assesment Kognitif
5. PHB
2 : Assesment Afekti
I. SUMBER
BELAJAR
- Modul
Mekanika Teknik
J.
Daftar Pustaka
Ariestadi,
Dian, 2008, Teknik Struktur Bangunan Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Halaman 115-126
Diketahui/Disahkan Guru
yang Bersangkutan
Kepala Sekolah
(…………………...) (Febrieco Seiger)
NIP :
NIM : 1101859/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar